RADIO… RADIO… OH… RADIO…

Siaran bareng the one and only Didi Pranata
Siaran bareng the one and only Didi Pranata
Jaman-jaman Live Report kegiatan Pemko Pekanbaru
Jaman-jaman Live Report kegiatan Pemko Pekanbaru

Belakangan saya kangen banget sama dunia broadcast radio. Sedikit nyambung ke postingan sebelumnya, setelah selesai dengan hiruk pikuk dunia anak-anak dan mengikuti program KKN (Kulian Kerja Ngaur) kampus saya secara resmi menyandang status jobless dengan tanggungan skripsi. Naluri saya sebagai perempuan keturunan padang yang mandiri (mati aja lau!!!) membuat saya sibuk dengan mbak Lina. Siapa coba yang tidak kenal dengan Lina??? Semua pengangguran pasti memujanya dan merindukan setiap email yang masuk dari seorang Lina. Yep, LinaJobstreet. Pencarian saya di Lina saat itu tidak berbuah manis. Maklum dengan status masih kuliah dan hanya ijazah SMA, sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Akhirnya pencarian saya terhenti ketika ada seorang teman, sebut saja namanya EkhoM, yang berprofesi sebagai penyiar radio saat itu, memberikan sedikit bocoran pada saya tentang adanya lowongan sebagai penyiar di radio tempat di bekerja.

Tanpa pikir panjang, tanpa sadar dengan modal asal jadi diri saya apa adanya, saya melamar pekerjaan di sana sebagai PENYIAR!!! Sekitar seminggu setelah melamar pekerjaan, saya dipanggil untuk ikut test tertulis dan wawancara. Test tertulis aman, karena pertanyaannya sebatas pada ilmu pengetahuan umum seputar Kota Pekanbaru (yang waktu itu saya lupa kapan ulang tahunnya). Anyway, writing test berjalan mulus. Saya pun dipanggil untuk test wawancara. Bermodalkan pengetahuan ala kadarnya hasil browsing semalam, saya menghadap bu direktur dengan penuh harapan supaya bisa dapat kerjaan ini (jadi announcer semacam cita-cita masa SMP yang jadi kenyataan).

Bu direktur cukup terkesan dengan CV ber-Bahasa Inggris dan hasil recording suara saya. Lumayan katanya. Apalagi hasil writing test saya gak jelek-jelek banget, 80-an kalau gak salah inget. Berbagai keanehan mulai terjadi ketika bu direktur menanyakan tentang latest update. OOOHHH EMMM JIIIIII, HOOLLLYYY MOLLLYYYY, HOLLLYYY COOOOWWWW!!!!!!!! Saya paling males nonton tv, paling jarang baca koran, seringnya update twitter sama facebook, itu juga kalau galau, sekarang justru ditanya LATEST UPDATE!!!!! GUWEE BISAA APAAHHH???!!!!!!! Semua minat saya sama majalah, koran, blog, atau website sirna bersamaan dengan minat saya untuk menyelesaikan skripsi waktu itu. Mulailah saya menjawab dengan modal sok tahu, seinget saya.

Bu direktur : Kamu udh lihat video kekerasan X belom?

Saya : Sudah bu, serem banget!! (ini sok tahu-nya udh mode on banget)

Bu direktur : Lho? Bukannya video itu udah dihapus ya?

Saya : Memang bu, tapi saya sempet lihat. Temen saya sempet download (ngaco abissss!!!)

Bu direktur : ohhh gitu, Kamu tahu tentang indie production gak?

Saya : tahu bu..

Bu direktur : coba jelaskan.

Saya : indie production itu biasanya memproduksi banyak hal, mulai dari lagu, film, pokoknya karya-karya yang bisa dilihat di youtube! (mati gak tuh gueeee??!!!)

Bu direktur : di youtube??? (mulai jidatnya keriting)

Saya : (berpikir keras) iyaa bu, indie itu maksudnya yang budgetnya rendah bu, jadi banyak yang posting ke youtube, gitu bu maksudnya..

Lucky me!!! Si bu Direktur gak memperpanjang si indie production ini lebih lanjut. Finally, seminggu berlalu dan saya sudah pesimis dengan jawaban interview saya, tapi hidup pasti punya rencana, I got the job!!! Yep, Saya resmi jadi penyiar radio!!! Walaupun tidak otomatis langsung siaran, karena saya harus training dulu selama 2 minggu. But It was really fun!!! Dunia radio mengantarkan saya untuk bertemu dan melakukan banyak hal. Menyenangkan!!! Wajar sepertinya sekarang saya begitu rindu dengan dunia yang satu ini, yang paling utama saya kangen dengan semua orang yang ada di sana!!! GUYS, ANAK RANTAU INI KANGEN KALIAN!!!

 

Leave a Reply

