Yang Akan Kamu Dapat Ketika Traveling…. :)

Buy a ticket.. Catch a wave.. Make new friends.. Take a break.. Fall in Love.. Discover what matters.. Have a great time.. – Anonymous.

Traveling.. Jalan-jalan.. Melancong..

Aktivitas satu ini punya beragam istilah dengan berbagai tujuan. Yep! Banyak sekali tujuan yang menjadi latar belakang seseorang melakukan aktivitas satu ini. Bagi sebagian besar orang jalan-jalan menjadi pilihan untuk melepaskan berbagai kejenuhan yang dihadapi dalam rutinitas sehari-hari. Bagi sebagian orang lainnya, traveling bisa menjadi sebuah gaya hidup, atau malah tujuan hidup. Nobody knows, right?

Mengunjungi sebuah tempat yang asing, meski indah, mungkin bisa menjadi momok menakutkan tersendiri buat sebagian orang. Merasa asing, merasa di negeri antah berantah, atau malah merasa sungkan untuk membaur dengan lingkungan. Tapi hal ini justru menjadi tujuan utama sebagian orang lainnya ketika memilih untuk melancong ke pedesaan yang bisa dikatakan in the middle of nowhere, atau bahkan ke tengah-tengah hutan belantara demi menyapa orang utan liar.. Yes! Setiap orang memiliki fokus dan perhatiannya sendiri ketika memilih untuk mengunjungi suatu tempat.

Saya memiliki beberapa kenalan yang merasa lebih nyaman ketika harus traveling bersama satu atau dua sahabat terdekatnya. Alasannya? Supaya lebih nyaman selama perjalanan atau as simple as “malas kalau harus adaptasi dengan lingkungan, gue mau liburan kan, darling”. Tapi tidak sedikit juga yang rela untuk membaur dengan orang-orang yang totally strangers dengan tujuan yang juga beragam. Mulai dari, “biar nambah temen baru”, sampai ke “makin rame kan budget patungan juga lebih murah”. Hahahaha, macam-macam ya maksud dan tujuannya.

Anyway, sadar atau enggak, sebenarnya traveling mengajarkan kita banyak hal. Traveling mengajarkan kita tentang menyusun berbagai hal dengan terperinci dan jelas. Ketika kamu memilih untuk mengunjungi sebuah tempat, pasti deh kamu riset kecil-kecilan. Mulai dari transportasi yang tersedia untuk menuju ke tempat tujuan, memilih hotel atau homestay, sampai mencari tahu tempat berburu oleh-oleh termurah yang ada di kota tujuan. Well, riset adalah hal yang penting untuk dilakukan ketika kamu ingin melakukan sebuah perjalanan, gak mau dong tiba-tiba nyasar di kota orang dan gak bisa balik.

Traveling juga mengajarkan kita untuk bisa mengenal orang lain. Let’s say, Debora termasuk dalam kategori remaja yang pendiam dan malas untuk bergaul dengan orang lain. Tapi ketika dia memutuskan untuk melakukan sebuah perjalanan, mau itu solo trip atau group trip, mau gak mau Debora harus membuka diri untuk orang lain. Minimal untuk sekedar say hi ke resepsionis hotel. Toh pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial, jadi enggak mungkin kan si Debora ini gak bakalan butuh orang lain selama perjalanannya.

CAMERA

Traveling, terutama group trip, bisa jadi merupakan sebuah wadah untuk orang-orang yang haus akan kenalan atau orang-orang baru. Group trip yang terdiri dari orang-orang yang tidak mengenal satu sama lain bisa menjadi sebuah momen untuk mengenal orang-orang dari latar belakang berbeda, sekaligus memperkenalkan diri sendiri ke orang lain. Semua orang terlahir spesial kan, pastinya ada banyak hal menarik yang bisa di-sharing ketikan mengikuti group trip ini. Lain halnya ketika mengikuti group trip dengan orang-orang yang memang sudah kamu kenal. Ini jadi ajang untuk mempererat hubungan persahabatan, cinta, atau jenis hubungan apapun lainnnya yang kamu miliki. Karena lewat traveling kita bisa mengenali kepribadian seseorang, setiap keunikan yang dimiliki orang lain tersebut.

When Nature Brings These Totally Strangers Together
When Nature Brings These Totally Strangers Together

Traveling juga mengajarkan kita tentang keanekaragaman yang ada di sekitar kita. Selain bertemu dengan travel buddies dari latar belakang yang berbeda, kamu juga harus siap terkagum-kagum dengan berbagai karakter yang akan kamu temukan di lokasi yang kamu tuju. Masyarakat yang ada di perkotaan jelas berbeda dengan masyarakat yang ada di pedesaan. Belum lagi dengan segala perbedaan budaya dan tata bahasa. Traveling juga akan mengenalkan kamu dengan berbagai jenis pekerjaan atau barang atau kegiatan atau apa pun yang mungkin sebelumnya belum pernah kamu pikirkan. Siap-siap untuk terpukau dengan kekayaan yang ada di sekitar kamu.

Yang mungkin belum pernah kamu temukan sebelumnya :)
Yang mungkin belum pernah kamu temukan sebelumnya 🙂

Yang paling utama adalah traveling bisa mengajarkan kamu untuk bersyukur. Bersyukur karena kamu bisa menemukan tempat yang indah, bertemu dengan orang-orang yang ramah, mencicipi berbagai kekayaan kuliner yang tersebar di negeri lain, hingga bersyukur pada hal dasar, yakni merasa beruntung bisa menginjakkan kaki ke tanah yang mungkin tidak banyak orang-orang seusia kamu bisa melakukannya.

Jadi traveling bukan cuma sekedar hura-hura di sebuah tempat. Bukan juga sekedar mengabadikan panorama bak surgawi kemudian meng-uploadnya ke sosial media. Traveling mengajarkan banyak hal yang lebih bermakna dari itu. Mengajarkan betapa pentingnya bersyukur atas apa yang kita miliki..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s