Hati-Hati Sebelum Traveling! Baca Ini Dulu Yuk..

Twenty years from now, you will be more dissapointed by the things you didn’t do than by the ones you did.

So throw off the bowlines, sail away from safe harbor, catch the trade winds in your sails.

Explore. Dream. Discover.

_Mark Twain_

Holla!!! Weekend telah dekat! Ayo siapkan ransel, bacpack atau koper kamu!!!

Jalan-jalan pasti selalu menjadi hal yang menyenangkan. Bagaimana tidak, destinasi wisata yang akan dikunjungi sudah mulai berbayang di pelupuk mata. Menikmati indahnya pemandangan lautan atau sejuknya hawa pegunungan, sambil menyeruput secangkir teh atau kopi, dipeluk sama orang tersayang. Uhuuuyyy!!! Amboi rasanya! Ahhh, tapi buat yang jomblo jangan khawatir! Traveling selalu bisa jadi wadah untuk menemukan kenalan baru. Gak ada yang tahu kan dimana keberadaan si nona cantik atau si aak kasep berada. 🙂

Anyway, buat saya pribadi traveling kadang suka bikin lupa diri. Lupa sama barang bawaan karena udah ngebayangin ketemu anemon laut. Alhasil kecopetan!!!

Biarlah nasib buruk dijadikan pelajaran, yang penting jangan sampai terulang. Nahhh, untuk yang berencana jalan-jalan dalam waktu dekat ini, saya punya sedikit tips yang mungkin bisa digunakan ketika pergi nanti. Monggo dicek dulu..

1. Lihat Sekeliling Kamu

curvytraveler-nature

Mungkin ini tips yang terdengar klise ya, tapi ini adalah solusi yang jitu supaya kamu paham dengan situasi tempat kamu berada nantinya ketika memutuskan untuk traveling. Perhatikan orang-orang yang ada disekeliling kamu dan jangan lupa untuk selalu memasang “radar hati-hati” ketika ada orang asing yang mulai bertingkah tidak biasa di sekitar kamu. Jangan lupa untuk lakukan sedikit riset sebelum bepergian, supaya kamu cukup punya gambaran mengenai “medan” yang akan kamu tempuh. Ingat betul tempat-tempat penting seperti penginapan atau pos keamanan yang baru saja kamu lewati. Ingat juga, copet tidak pernah membawa poster bertuliskan “saya copet”, di jaman sekarang copet malah dandan lebih rapi dari orang kantoran. Jadi waspadalah dengan lingkungan sekitar tempat kamu memijakkan kaki.

2. Pegang Peta, Why Not?

Courtesy of Google

Walaupun kadang terdengar terlalu manja karena apa-apa Dora butuh Peta, tapi ternyata peta punya segudang manfaat lho. Jadi tidak ada salahnya untuk menyiapkan peta tempat yang akan kamu kunjungi. Di beberapa titik wisata, biasanya disediakan peta untuk memudahkan para traveler mengunjungi destinasi wisata yang ada di kota yang bersangkutan. Hotel atau penginapan juga biasanya akan berbaik hati untuk menunjukkan arah tujuan wisata yang ingin kamu kunjungi. Mau yang murah? Kenapa tidak mencoba bertanya pada penduduk setempat? Pasti menyenangkan berkenalan dengan budaya sekitar. Selain itu, manfaatkan gadget kamu untuk capture  peta lokasi hotel atau tempat tujuan, supaya tidak tersesat ketika berkunjung atau ketika mau kembali pulang ke penginapan.

3. Simpan Gadget Kamu

curvytraveler-gadget

Iyaaa, saya ngerti kalau yang namanya jalan-jalan pasti pengen foto di sana-sini, tapi lihat-lihat lokasi juga yaa kalau kamu mau mengeluarkan gadget kamu. Minimalkan betul memegang ponsel atau alat elektronik lainnya yang kamu bawa. Simpan gadget di tempat yang aman. Jangan sekali-kali menempatkan gadget di dalam tas dengan posisi yang mudah untuk diambil tangan-tangan tak bersahabat. Kalau bisa tempatkan gadget diantara lipatan baju lalu tempatkan di dalam posisi yang aman. Traveling aman hati pun senang!!!

4. Bawa Dua Dompet

curvytraveler-dompet

Ribet? Ini sangat efisien untuk menghindari tangan-tanga pengutil yang siap merusak liburan kamu. Tempatkan uang cash kamu di “dompet pintar” yang harus kamu tempatkan di tempat yang aman, bebas dari tangan-tangan kriminal. Beberapa teman saya malah menyimpan cash dalam jumlah besarnya di bekas tempat bedak. Enggak ada copet yang bakal mikir ada uang di dalam tempat bedak kan? Jangan lupa juga untuk selalu menyiapkan cash dalam jumlah secukupnya di tempat yang mudah kamu jangkau, tapi ingat jangan terlalu banyak. Tempatkan uang ini di dalam “dompet siaga merah” yang bisa kamu tempatkan dimana saja. Kenapa “siaga merah”? Karena bisa saja copet sudah mendetect keberadaan dompet kamu ketika kamu bertransaksi di terminal atau warung makan. Si copet pasti akan membidik sasaran ke dompet kamu ini. Berhubung kamu hanya menempatkan uang seperlunya, kalau memang nasib kecopetan tak bisa dihindari, kamu toh gak rugi-rugi banget kan? Liburan bisa tetap lanjut dehh!!!

curvytraveler-copet

5. Jangan Sombong

curvytraveler-senyum

Mengunjungi negeri orang dengan tatanan budaya setempat yang wajib untuk dihormati adalah peraturan penting yang harus kamu ingat. Gak ada ruginya kan untuk sekedar senyum atau bertukar salam sama orang-orang yang berpapasan dengan kamu selama di perjalanan. Gak ada yang pernah tahu nasib seperti apa yang akan menimpa kamu selama di tempat wisata nanti, siapa tahu orang yang kamu beri senyum tadi adalah orang yang menolong kamu ketika kamu hampir tenggelam di tengah laut. Gak ada yang pernah tahu kan? Bukankah kamu jauh lebih terlihat menawan ketika tersenyum? So keep your beautiful smile, guys!!!

6. No Gold, Just Sunshine

curvytraveler-emas

Kamu enggak mau arisan atau kondangan kan? Jadi lebih baik semua perhiasan bling-bling kamu simpan dulu deh di rumah. Membawa perhiasan justru akan memancing niat jahat seseorang. Selain itu perhiasan yang kamu bawa bisa membuat kamu waswas selama perjalanan. Takut kalung tersangkut ranting pohon ketika menanjak perbukitan, atau justru hilang di lautan ketika berenang. Jadi simpan dulu aja ya perhiasannya. Selalu ada waktu yang tepat kan untuk ujuk kebolehan kamu berdandan dengan semua bling-bling yang kamu punya. Cukup matahari aja ya yang bikin hari-hari kamu kemilau selama traveling 🙂

7. Pikir Lagi Kalau Mau Simpan Uang di Deposit Box

curvytraveler-brankas

Beberapa hotel memang menyediakan deposit box yang bisa digunakan untuk menyimpan uang atau perhiasan. Sebagai traveler yang baik sih sebaiknya kamu tidak menyimpan barang berharga di dalamnya, karena kamar hotel bintang lima sekali pun tidak seaman yang terlihat. Pihak hotel pasti punya kunci cadangan ke kamar kamu. Bukan maksudnya membuat kamu jadi tidak percaya dengan kemanan atau staf hotel yang ada, tapi tidak ada salahnya kan untuk menjauhkan diri dari tindakan-tindakan yang bisa merugikan kamu.

Intinya selama perjalanan nanti harus tetap hati-hati yaaa, guys!!! Selamat Liburan!!!

All Pictures : Courtesy of Google
All Pictures : Courtesy of Google
Advertisements

2 thoughts on “Hati-Hati Sebelum Traveling! Baca Ini Dulu Yuk..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s