Hari Bumi Untuk Para Penjelajah

We do not inherit the earth from our ancestors, we borrow it from our children – Native American Proverb

Picture Credit : concrete-wa.com
Picture Credit : concrete-wa.com

Setiap tanggal 22 April, seluruh masyarakat dunia merayakan Hari Bumi Sedunia atau istilah bule-nya adalah Earth Day. Kalau menilik sejarahnya, kita harus kembali ke era tahun 70-an atau tepatnya pada tahun 1970 yang diprakarsai oleh gerakan yang dilakukan oleh Gaylord Nelson yang terjadi di Amerika Serikat. Gerakan ini terjadi akibat banyaknya kerusakan alam karena limbah pabrik yang beroperasi saat itu. Gerakan yang dilakukan oleh ribuan orang ini memacu semangat seluruh masyarakat dunia yang mendambakan kondisi lingkungan yang lebih baik lagi.

Dari tahun ke tahun semakin banyak organisasi pecinta lingkungan yang melakukan serangkaian gerakan untuk melindungi kondisi alam. Meskipun begitu, tetap saja lingkungan kita berada pada kondisi yang sangat terancam kelestariannya. Banyak organisasi pecinta alam yang membuat berbagai petisi menentang pemerintah/perorangan/perusahaan yang aktivitasnya berpotensi merusak lingkungan.

Anyway, apa coba hubungannya antara Hari Bumi dan traveling? Banyak, sobat pengelana!!!

Ketika kamu ingin menikmati garis tangan Tuhan yang telah menciptakan berbagai keindahan alam ini, tentu saja kamu ingin menikmatinya dengan suasana yang tenang, asri dan bersih. Gak mungkin kan kamu mau traveling ke tempat yang penuh tumpukan sampah, atau tempat yang kondisi alamnya sudah tercemar atau justru rusak parah. Tentu saja It’s a big no, isn’t it??!!??! Traveling yang seharusnya jadi acara melepaskan lelah, justru bisa jadi stress dengan berbagai kondisi yang tidak nyaman dipandang mata. Bener kan?

Sampah di Lautan (Picture Credit : ciricara.com/Zak Noyle)
Sampah di Lautan (Picture Credit : ciricara.com/Zak Noyle)

Kelestarian alam inilah yang seharusnya selalu kita jaga. Kalau kamu mengaku sebagai orang yang mencintai dunia yang kaya dan indah ini, kamu juga harus selalu peduli dengan masalah kebersihan lingkungan yang kamu kunjungi. Gak susah kok. Ini se-simple masalah buang sampah pada tempatnya dan mengurangi penggunaan kantong plastik. Iyaa!!! Dua aktivitas itu dulu aja deh, kamu udah bisa ngebantu banget menjaga lingkungan yang kita pinjam dari generasi penerus ini.

Pendaki Gunung Pasti Tahu Spot Satu Ini. Picture Credit : www.wisatagunung.com
Pendaki Gunung Pasti Tahu Spot Satu Ini. Picture Credit : http://www.wisatagunung.com

Apa kamu gak sedih ketika naik gunung, yang kamu temui justru tumpukan sampah di sudut-sudut hutan? Atau kamu gak miris gitu ketika asik-asik snorkeling yang kamu lihat justru sampah plastik sabun colek di antara terumbu karang? Enggak ada monyet yang butuh kantong plastik kan? Gak ada ikan yang butuh sabun colek juga di dasar lautan sana juga kan?

Jadi di Hari Bumi ini, yukk sama-sama kita jaga lingkungan yang kita cintai ini. Jelajahi bumi tercinta kita, tapi jangan merusak keindahan yang sudah Tuhan ciptakan sambil tersenyum. Jangan membuat bumi kita menangis, sahabat….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s