Perhitungkan Hal-Hal Ini Sebelum ke Karimunjawa

Weekends don’t count unless you spend them doing something completely pointless – Bill Watterson.

Holla travelers, Holla backpackers, Holla everyone!!!!

Saya sangat yakin saat ini pasti sudah ada yang datang ke kantor dengan perasaan berbunga-bunga. Atau justru ada yang tiba dengan perasaan penuh kegelisahan. Bukaaannn!!! Bukan karena sedang jatuh cinta. Bukan juga karena akan ketemu dengan si bos ganteng atau co-worker yang jadi pujaan hati. Sebagian dari kamu pasti sedang berbahagia menanti long-weekend yang sudah di depan mata dengan sejuta rencana liburan yang sudah dirancang. Karena sejujurnya saya pun juga begitu!!!

Di tulisan kali ini saya ingin sedikit berbagi rencana jalan-jalan saya di long-weekend nanti. Masih seputar laut, mungkin karena saya adalah titisan Nyi Loro Dugong kali yaa, bawaannya gak bisa jauh-jauh dari air asin deh. Setelah browsing sana sini, akhirnya awal bulan Mei lalu saya memantapkan hati untuk traveling ke Karimunjawa. Sebagai the mother of dugongs, dolphins and sharks saya sudah diliputi dengan rasa senang. Sudah ada di depan mata bayangan saya berenang di antara hiu-hiu mungil di penangkaran nanti. Bayangan berjemur di tengah terik matahari, plus pasir putih yang halus sebagai alasnya pun sudah menari-nari di kepala saya. Bahagianya.

Penangkaran Hiu Karimunjawa. Credit to: http://bit.ly/1KYPRtG
Penangkaran Hiu Karimunjawa. Credit to: http://bit.ly/1KYPRtG

Namun usut punya usut, traveling ke Karimunjawa tidak semudah itu. Kondisi laut yang tidak stabil bisa menjadi bencana bagi setiap orang yang berkunjung kesana. Bukan rahasia lagi sebenarnya kalau Karimunjawa punya potensi kondisi laut yang labil. Ketika ombak besar dan angin kencang, kapal yang biasanya menjadi sarana transportasi di sana memilih untuk tidak melaut. Akibatnya, tidak sedikit wisatawan yang berkunjung gagal pergi atau justru tidak bisa pulang karena tidak ada kapal yang mau menyebrangi ombak ganas Karimunjawa. Kondisi ini sebenarnya cukup membuat saya deg-degan. Kalau-kalau gak bisa pulang, wahhhh bisa berabe dunia persilatan.

Karimunjawa. Credit to: http://bit.ly/1RxIf60
Karimunjawa. Credit to: http://bit.ly/1RxIf60

Masalah cuaca ini bisa sedikit disiasati dengan memantau situs BMKG. Namun kalau menurut sejumlah tulisan, bulan Maret hingga Agustus termasuk kondisi yang aman untuk bepergian ke Karimunjawa. Sejumlah nelayan mengamini hal ini, karena angin dan gelombang lautan lumayan tenang ketika memasuki bulan-bulan ini. Tapi sekali lagi, gak ada yang bisa memahami kondisi lautan dan sabda alam kan? Sebaik apapun manusia berencana. tetap Tuhan yang punya kuasa. Jadi banyak-banyak berdoa!

Selain masalah cuaca yang tidak bisa kita atur, yaaa kecuali kamu Monkey De Luffy yang punya bokap ahli mengendalikan cuaca, arus wisatawan yang berkunjung kesana juga bisa jadi masalah untuk yang suka backpacking. Para backpackers yang lebih memilih untuk bepergian dengan budget irit sebaiknya menghubungi tempat penginapan, sampai pemilik perahu yang akan membantu kita hopping island ketika sampai di sana. Kenapa? Karena kebanyakan tempat-tempat penginapan sudah banyak yang di-booking duluan untuk memenuhi permintaan travel agent yang akan membawa tamunya plesiran di pulau yang indah ini. Sama halnya dengan perahu yang akan disewa.

Jadi sepertinya akan lebih baik untuk menggunakan jasa travel agent ketika mau pergi kesana pada saat-saat high season liburan. Memang sih akan jauh lebih mahal, karena kalau mau irit budget ke Karimunjawa sebenarnya hanya sekitaran 350 ribu rupiah. Sementara untuk ikut agent harga bisa membengkak sampai 100% bahkan lebih. Jadi kembali ke kamu sih kalau memang mau traveling kesana terutama saat long weekend seperti akhir minggu ini, saran saya sih untuk ngikutin travel agent. Atau kalau memang mau benar-benar irit, kamu harus mulai persiapkan trip kamu ke Karimunjawa dari jauh-jauh hari.

Saya pribadi, karena punya keterbatasan waktu untuk bepergian terpaksa merelakan beberapa ratus ribu rupiah melayang ke tangan para agent. Habis gak bisa jalan kalau gak weekend. Namanya juga buruh media, bisa bilang apa lagi selain harus pintar-pintar cari waktu kosong untuk bepergian. Untuk saya pribadi inti dari traveling itu adalah menikmati setiap waktu yang saya habiskan di sana. Jadi walaupun harus menghabiskan sedikit lebih banyak, asal hati senang dan pengalaman baru bisa dikantongi, why not?

Saya sudah gak sabar untuk segera mencicipi air asin di sana. Doakan bisa berangkat dan pulang tanpa kendala ya..

Nahhh, kalau kamu sudah punya rencana apa untuk mengisi waktu di long weekend ini?

Peta Wisata Karimunjawa. Credit to: http://bit.ly/1E343fg
Peta Wisata Karimunjawa. Credit to: http://bit.ly/1E343fg
Advertisements

8 thoughts on “Perhitungkan Hal-Hal Ini Sebelum ke Karimunjawa

  1. Iyak, mendingan ikut open trip kalo mau wisata ke pulau supaya lebih murah & bisa patungan sewa kapal & kamar. Dulu pernah mau ke karimun jawa, sampe jepara ternyata ga ada kapal yang berlayar, akhirnya malah ke jogja. Tapi kesampean juga ke karjaw beberapa tahun kemudian.
    Selamat liburan ya, jangan lupa bawa sunblock haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s