Worst Trip Ever – Ujung Kulon, Perjalanan yang Tidak Terlupakan (part 1)

I went to the woods because I wished to live deliberately, to front the only essential facts of life and see if I could not learn what it had to teach and not, when I came to die discovered that I had not lived – Henry David Thoreau.

Holla traveler!!!

Bagaimana long weekend kemarin?

Seru? Membahagiakan? Berkesan?

Kalau saya justru sangat mengenaskan, hikss hikkss…

Semua orang pasti sudah menyiapkan berbagai hal untuk menghabiskan waktu di long weekend kemarin. Lumayankan tinggal ambil cuti sehari (atau justru ngabur tanpa alasan) di hari Jumat, dan kamu sudah mendapatkan waktu leyeh-leyeh menghabiskan liburan yang berkesan. Escape from reality!!!

Supaya anti mainstream saya malah ngambil cuti sampai dua hari (Jumat dan Senin). Niat banget kan?

Alam Memisahkan Saya Dengan Tanah Karimunjawa. Credit to : http://bit.ly/1dgJp6f
Alam Memisahkan Saya Dengan Tanah Karimunjawa. Credit to : http://bit.ly/1dgJp6f

Tapi semua niat dan usaha harus mengalah dengan sabda alam (mati gak tuh bahasa gue). Ombak di Jepara – Karimunjawa terlalu besar, sehingga tidak ada kapal yang berani untuk menyebrang. Kabar buruk ini seketika menguapkan naluri jalan-jalan saya. Semua bayangan tentang hiu dan indahnya Karimunjawa hilang dari bayangan. Saya memang selalu drama kalau sudah menyangkut jalan-jalan.

Untuk trip ke Karimunjawa ini sendiri saya memutuskan untuk ikut open trip salah satu travel agent, mengingat semua homestay dan hotel di sana sudah full booked apalagi di musim long weekend seperti kemarin. Akhirnya Tour Leader dari agent yang menamai diri mereka sebagai “anjing-anjing jalan-jalan” dalam bahasa daerah tertentu, memberikan pilihan untuk refund dana atau merubah destinasi wisata.

Kalau menurut saya sih, si TL lebih mengarahkan kami untuk pindah tujuan, daripada mengembalikan uang kami. Karena tidak semua peserta (yang jumlahnya ada 15 orang) ditanyai tentang kesediaan mereka untuk mengunjungi destinasi alternatif pengganti, yaitu Taman Nasional Ujung Kulon.

Salah seorang peserta, yang bisa dibilang senior banget dalam urusan jalan-jalan sempat bilang begini, “kalau TNUK mah biasa aja, yang lain gak ada?”, tapi si TL gak memberikan tanggapan apa pun. Peserta lainnya malah secara terus terang memilih untuk refund budget, tapi si TL justru bilang udah gak bisa, karena semua persiapan di Ujung Kulon sudah terlanjur dipesan.

Saya pribadi lebih banyak bengong. Masih syok karena gak bisa ketemu dengan kawanan ikan hiu. Masih bersedih karena alam terang-terangan menolak kehadiran saya. Akhirnya mau tidak mau, suka tidak suka, elf yang kami tumpangi kembali membelah jalanan menuju Banten. Menuju desa Sumur, yang menjadi lokasi penginapan sekaligus pelabuhan yang akan membawa kami hopping island selama di Taman Nasional Ujung Kulon nanti.

Banting Stir ke Rumah Para Badak, Taman Nasional Ujung Kulon. Credit to: http://bit.ly/1c1UiY6
Banting Stir ke Rumah Para Badak, Taman Nasional Ujung Kulon. Credit to: http://bit.ly/1c1UiY6

Masih ditengah-tengah rasa frustasi, saya mulai membenahi niat untuk jalan-jalan nanti. Mungkin akan lebih baik mengunjungi Ujung Kulon, saya bisa menyaksikan harmonisasi ekosistem antara hutan dan lautan di sana. Saya bisa menikmati berbagai keragaman dan keindahan yang ditawarkan oleh rumah para badak. Meski perasaan masih kacau balau dan saya belom bisa menerima pembatalan ke Karimunjawa, elf yang kami tumpangi terus membawa kami menuju gelapnya malam. Membelah kesenyian tepian desa di Pandeglang, menyusuri gelapnya hutan. Perjalanan tanpa akhir yang membawa saya di momen tak menyenangkan selama beberapa hari kedepan.

(bersambung dulu ya, mau editing program dulu. Maklum kuli media. Foto pribadi di Ujung Kulon akan saya muat di Part 2)

Advertisements

One thought on “Worst Trip Ever – Ujung Kulon, Perjalanan yang Tidak Terlupakan (part 1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s