Orang Indonesia HARUS Bisa Diving!!!!!!

image

Mungkin judulnya terkesan terlalu memaksakan kehendak ya..

Ehh, tapi gw gak bermaksud jadi ibu tiri, lho.. Mungkin ini lebih sekedar keinginan gw untuk sharing pengalaman, hobi dan cita-cita (asiiikkk!!!)

Sebelumnya gw mohon maaf banget kalau tulisan kali ini banyak typo-nya, soalnya gw nulis kali ini hanya bermodalkan smartphone, sambil nungguin boarding (yang entah kapan) di bandara internasional yang paling banyak disambangi orang-orang dengan hidung dan paras rupawan, dengan segala hiruk pikuknya.. Coba mas bule lirik saya donngg, udh eksotis nihh kulitnya.. (mureeee!!!)

Back to the topic, DIVING!!!
Banyak orang yang berasumsi kalau olahraga yang satu ini termasuk dalam olahraga mewah. Gw pribadi mengakui bahwa diving bukan olahraga yang murah. Kenapa? Karena untuk ambil sertifikasinya aja lo harus merogoh kocek kisaran 2 sampai 5 juta rupiah, tergantung lo mau ambil kelas yang bagaimana.

Itu baru di awal. Begitu lo jatuh cinta sama olahraga ini, lo bakal niat sepenuh hati nabung buat beli perlengkapan sendiri. Minimal alat-alat basic, seperti masker, wetsuit atau fin. Budget untuk 3 alat ini aja mungkin bisa ada di kisaran 3 juta sampai belasan juta, tergantung kualitas barang yang lo beli.

Kalau udah punya seritifikat, udah punya alat, pasti lo bakal langsung nge-gas dong buat buru-buru terjun ke laut, menikmati berbagai hal yang ditawarkan dunia bawah air ini. Dan dive trip bisa menghabiskan uang tabungan yg lo simpan berbulan-bulan hanya dalam beberapa hari!!!

Kalau lo lahir dari keluarga kaya raya mungkin ini semua gak sulit untuk diwujudkan. Tapi kalau lo dari kalangan pekerja kantoran seperti gw, yang harus sabar nunggu gaji tiap bulan cair, mungkin banyak yang memilih untuk gak menekuni olahraga ini. ABIS MAHAL BANGET!!!!!!!!!

Coba berhenti baca sebentar, terus pikirin semua yang gw tulis di atas. Benar gak sih diving semahal itu?

Kalau lo setuju sama gw, lo harus lanjut baca. Kalau lo gak setuju lo TETEP harus baca!!! #maksa

Gw jatuh cinta pertama kali sama lautan sejak masih SD. Bokap paling demen abisin long weekend di sekitaran Padang, Sumatera Barat. Abis cuma kota itu yg aksesnya gampang, murah dan dekat dari Kota Pekanbaru (kota gw dilahirkan, hidup bumi lancang kuning!!!)

Tapi dulu kita cuma nikmati lautan dari tepi pantai, alasannya bokap khawatir ntar di laut kenapa-kenapa. Model begini bahkan berlangsung sampe gw SMA.

image

Begitu kerja, gw mulai eksplor semua kegiatan bawah air sendiri. Dimulai dari snorkeling sekitaran Pulau Seribu sampai ke Pahawang-Lampung, atau di Bunaken-Manado.
Dari snorkeling gw jatuh cinta sama dunia bawah air dan bertekad untuk ambil kelas diving.

Berkali-kali tabungan diving kepake buat beli ini itu, tapi akhirnya di pertengahan tahun 2015 gw berhasil ngambil kelas Open Water.

Gw ngambil bukan di dive center yg harganya selangit, tapi sama salah seorang dive instructor senior dengan harga terjangkau banget!!!

Nama instructor gw Yohanes Keioranto, doi sekarang tinggal di Jepang sih, tapi selalu bakal balik ke Jakarta buat kasih kelas

image

diving. Pekerjaannya adalah hobi yang dia cintai, that’s why gw salut banget sama dia (cenderung ngiri sih sebenarnya)

Dari dia gw dapet harga bersahabat buat ambil sertifikasi. Begitu lulus gw gak buru-buru beli alat. Gw milih untuk menikmati aktifitasnya dulu (karena diving gak segampang kelihatannya). Gw milih untuk ikut diving open trip dengan instruktur yang terpercaya dan harga miring (kalau mau kontak dive master Pulau Pramuka atau Tulamben, Bali boleh kontak gw)

Tarikan nafas pertama di bawah laut adalah momen yang bakal gw inget. Gw masih inget gimana excited nya gw waktu itu. Bisa diving di antara corals dab berbagai biota laut lainnya.

image

Indonesia itu keren banget sob!!! Sebagai negara perairan dengan terumbu karang terindah di dunia, Indonesia punya ratusan tempat yang bisa bikin lo mikir, “Betapa kecilnya gue dibanding Tuhan. Betapa besar kuasa yang dimiliki Tuhan, karena bisa ciptain keindahan seperti ini persis dibawah tempat gue berpijak”. Percaya deh, alamnya ini yang bakal bikin lo jatuh cinta dengan negeri ini.

Lo bisa bayangin donggg, banyak turis yang bela-belain ke Indonesia buat menikmati keindahan bawah air yang ditawarkan Indonesia.
Gw setuju sama kata-kata Jebraw, “Alam Indonesia itu PETCAAAHHHH, banget sobb!!!”

Kalau mereka aja bela-belain datang kesini dan mengagumi jutaan pesona Indonesia, masa lo yang dari lahir udah tinggal di Indonesia gak mau nyoba untuk melihat pakai mata kepala lo sendiri semua keindahan yang ditawarkan?? Apa gak ngerasa rugi, sob??

Beberapa orang ada yang merasa enggan untuk ambil sertifikasi. Mungkin karena harganya yang mahal. Tapi kalau menurut gw, yang mahal itu justru pengalamannya. Pengalaman yang bisa jd cerita lo ke anak cucu. Yaaa, minimal pengalaman yg bisa jadi bahan lo buat ngedeketin gebetan lo sekarang lah.. hehehhehe..

Anyway, mungkin buat yang belom berani untuk terjun langsung ke dunia per diving-an, mungkin bisa nyobain snorkeling dulu. Tapi inget yaa, kalau snorkeling jangan pernah pegang terumbu karang yang kamu lihat!!!

Kalau mau foto-foto yaa monggo, tapi kasihan kan terumbu karangnya kalau ampe patah cuma karena keinginan kamu yang pengen punya foto “keren”. Terumbu karang cuma bisa tumbuh 1 cm setiap tahunnya, jadi do the math before you hurt ’em!!!

image

image

Advertisements

4 thoughts on “Orang Indonesia HARUS Bisa Diving!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s