Writing for Your Soul

a true piece of writing is a dangerous thing, it can change your life – Tobias Wolff.

Kata-kata diatas sebenarnya tamparan keras buat gue. Betapa hidup begitu complicated dan bisa ngerubah diri lo dengan arusnya yang membuaikan.

Kalau diingat-ingat, sejak jaman SMA gue demeeennnn banget nulis. Malah dulu gue sempat nulis cerpen (literally nulis, pakai pulpen dan di buku paperline). Biasanya gue bakal tuker-tukeran cerita bareng teman sebangku gue, Gebby.

Gue malah sempat memberanikan diri untuk ikut kontes menulis novel, yang gak menghasilkan apa-apa, kecuali kebebasan gue untuk mengeluarkan isi kepala.

Itu semua dulu. Waktu gue ngerasa gue punya seluruh waktu yang ada di dunia. Terus pelan-pelan gue berhenti nulis. Gue ngerasa gak punya waktu untuk nulis. Gue ngeras nulis terlalu melelahkan. Gue ngerasa terlalu sibuk untuk bisa nulis. Waktu yang selama ini gue punya entah kenapa nguap pergi kemana.

Berhenti nulis, secara otomatis bikin gue berhenti baca. Gue cuma baca hal-hal yang gue butuh untuk ketahui. Misalnya, gue mau liputan soal pajak. Gue bakal cari tahu apa issue terbaru soal pajak. Di luar itu? I don’t give a shit about it!!!

Sampai akhirnya beberapa hari yang lalu, gue dan Edo (my partner in crime and future husband, maybe???) main tebak-tebakan. Entah kenapa gue ngerasa kehabisan semua kata-kata. Untuk pertama kalinya gue ngerasa seperti gak tahu apa-apa. Ngerasa jadi orang paling bodoh di dunia.

Di situ gue tahu, kalau kebiasaan lama gue harus balik lagi. Karena ngerasa bodoh dan gak tau apa-apa itu menyebalkan. Gue tarik mundur semua keseharian gue belakangan ini. Rutinitas gue muter di kerjaan dan kosan. Waktu lowong gue pakai buat nonton streaming.

Rasanya malesssss banget buat mulai baca buku, atau nulis. Paahal jaman udah canggih, gue gak musti nulis di kertas paperline lagi. Tinggal nyomot macbook, nyalain internet, buka wordpress. Ahhhhh, tapi memang semangatnya yang susah dicari.

Kadang kalau lagi pengen nulis, tapi gak ada ide, gue bisa cuma bengong ngeliatin layar laptop. Kalau udah ngerasa bosan, akhirnya gue milih buat nonton streamin, gagal lagi deh nulisnya.

Emang yaa, kalau yang namanya manusia itu harus banget punya niat yang kuat. Biar yang diinginkan bisa tercapai. Dan perbanyak baca buku masuk dalam list resolusi gue di tahun ini.

Writing is good for your soul…

Leave a Reply

