Kritik…

A critic is a legless man who teaches running – Channing Pollock.

gloved-hands-against-face-of-woman-with-drawn-markings-for-surgery

Credit to: https://goo.gl/8n5VPT

Semua orang pasti pernah mendengar berbagai kritikan tentang dirinya dari orang lain. Bahkan hampir semua orang pernah mengeluarkan kritikan yang ditujukan kepada orang lain, dengan berbagai maksud dan tujuan.

Gue pribadi pernah mengeluarkan banyak kritikan ke orang-orang di sekeliling gue. Apalagi waktu jaman SMA sampai kuliah yang masih lekat dengan semangat yang berkobar-kobar, beuhhhh, kalau gak komentar rasanya hidup gak tenang sob!

Masuk ke dunia kerjaan, berbagai kritikan juga terkadang masih suka nyelonong keluar dari mulut gue. Kadang yang keluar baik dan membangun, tapi terkadang juga justru bikin orang lain sakit hati.

Gue malah pernah sampai ditegur atasan karena cara kritikan gue mengarah pada kelakuan yang dinilai “tidak sopan dan cenderung menggurui sang atasan”,  yang jelas lebih expert dari gue.

Awalnya gue gak terima ketika si atasan ngebalikin semua kata-kata gue. Kesal bukan main rasanya, tapi lama-lama gue sadar kalau yang gue lakuin itu gak baik. Nasi udah jadi bubur, gue cuma bisa minta maaf dan berjanji ke diri sendiri untuk gak ngulangin hal-hal seperti itu.

Semakin tua, semakin banyak ketemu orang, semakin dewasa, gue ngerasa gak semua hal harus dikritisi. Terkadang memilih untuk diam lebih baik daripada mengkritisi sesuatu yang nantinya justru akan berbalik kepada diri kita sendiri. Gak semua orang pengen dengar kritikan yang keluar dari mulut lo, kan?

Gue pernah ketemu dengan beberapa orang yang demen banget komentar soal rambut gue. Rambut gue acak-acakan mulu lah, rambut gue kayak gak pernah disisir lah, rambut gue beginilah, rambut gue begitulah, banyak banget!!! Dan rata-rata kritikan ini keluar dari orang yang sama.

Sekali dua kali gue nerima kritikannya sebagai hal positif yang membangun, tapi kalau udah keseringan kan jadi risih juga. Pada gak tau kan kalau sebenarnya gue sisiran? Pada gak taukan kalau gue SUKAAAAA banget dan cenderung kedoktrin sama model “bad hair day” seleb Hollywood di instagram yang justru kelihatan keren walau acak-acakan!! (Hahahahahahaha, ini si pembenaran gue doang!!!)

The truth is, gue terlahir dengan rambut yang gak gampang untuk ditata dan tiap kekantor gue selalu usaha untuk catokan. Catokan gue selalu gagal karena gue berangkat ke kantor naik motor yang artinya harus pakai helm. Belom lagi masalah angin ketika naik motor yang bisa bikin catokan rambut gue ambyar kemana-mana!!!

Waktu itu gue pernah bela-belain buat catok rambut sebelum berangkat ke kantor. Niatnya biar kelihatan nice, tapi begitu sampai kantor rambut gue justru jadi aur-auran karena ketiup angin. Jadi makin hancur deh dari biasanya. Orang-orang tetap komentar negatif, tanpa tahu usaha yang gue lakukan.

Gue gak perlu kan jelasin itu semua ke orang-orang, tapi kritikan tetap aja datang. Sampai akhirnya gue memilih untuk pura-pura budeg tiap dikomentari. Pengen nyeletuk kasar, tapi rasanya gak baik deh. Fani kan anaknya ramah, baik dan tidak sombong.

Masih banyak banget kritikan orang-orang yang datang ke gue. Mungkin ini karma akibat dulu gue suka bawel komentari orang lain. Paling tidak sekarang gue mencoba untuk lebih wise dalam menghadapi semua komentar yang disampaikan oleh orang lain. Komentar yang bermanfaat gue terima, komentar yang cuma buat ngejatuhin mental, gue buang jauh-jauh.

Percaya deh, semua hal yang lo lakuin pasti jadi sesuatu di mata orang lain. Ada yang memandangnya positif ada yang iri dengan apa yang udah lo raih. Semuanya kembali ke diri lo sendiri untuk menghadapinya. Menjadi tukang kritik juga bukan hal yang bijak untuk dilakukan. Hidup lo akan lebih indah ketika lo gak terpaku dengan urusan orang lain. Percaya deh!!!

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s