Perjalanan Bersama Papa

Picture Credit : http://goo.gl/7Zzjx5

EVERY WOMAN MAY NOT BE QUEEN TO HIS HUSBAND, BUT SHE IS ALWAYS A PRINCESS TO HER FATHER – ANONYMOUS

Picture Credit : http://goo.gl/k9UV3O
Picture Credit : http://goo.gl/k9UV3O

Musim hujan mungkin bukan waktu favorit bagi pecinta lautan seperti gue. Ombak yang besar mengikat langkah untuk bisa mengeksplorasi isi lautan di tempat-tempat yang baru. Tapi musim hujan punya kekuatan magis yang bisa membuat kita merenung sejenak, bernostalgia mengingat masa lalu yang bisa jadi menyenangkan, membosankan atau bahkan menyedihkan. At least, lo berhasil melewati masa-masa itu dan jadi pribadi yang lebih baik saat ini.

Kali ini gue pengen sedikit sharing soal masa lalu. Sharing hal-hal menyenangkan yang gue lewati bareng keluarga gue, terutama bareng bokap! Lumayan, hujan-hujan gini emang paling enak bernostalgia!!

Gue masih inget, sejak gue duduk di kelas 3 sekolah dasar, Papa sering banget ngajakin gue, adik-adik dan tentu aja nyokap buat main. Awalnya sih main di sekitaran kota Pekanbaru, tempat gue lahir dan besar, tapi lama-lama Papa jadi ketagihan ngajakin kita untuk main ke kota tetangga. Sumatera Barat adalah kawasan favorit travelling kita sekeluarga.

Credit to: https://goo.gl/NwCkGO
Sumatera Barat selalu menarik untuk dikunjungi. Credit to: https://goo.gl/NwCkGO

Selain karena jaraknya terbilang dekat dengan kota Pekanbaru, Sumatera Barat juga merupakan kampung halaman Papa dan Mama. Papa asli desa Biaro, Bukittinggi sementara Mama gue asli Lubuk Sikapiang, Pasaman Barat. Walaupun keluarga dekat udah banyak yang pindah dari kampung, tapi para tetua keluarga masih banyak yang tinggal di kampung. Jadi selain liburan, kadang kita masih suka silahturahmi ke keluarga-keluarga di kampung.

Papa pribadi paling suka ngajakin kita sekeluarga untuk stay di Bukittinggi. Walaupun masih punya keluarga di kampung, tapi Papa lebih sering untuk ngajakin kita nginep di hotel. Gak mau merepotkan keluarga, itu sih salah satu alasannya.

Gallery Hotel yang lokasinya dekat dengan Jam Gadang jadi hotel favorit tempat kita menginap. Berkali-kali kita main ke Bukittinggi dan hampir selalu stay di hotel ini. Para pelayan di hotel ini bahkan sampai hafal banget sama kita, karena seringnya kita stay di sini.

Objek-objek wisata yang ada di Bukittinggi sudah seperti garis-garis yang ada di telapak tangan gue, mulai dari Jam Gadang, Goa Jepang, benteng-benteng sisa jajahan Jepang, Museum Bung Hatta dan masih banyak lagi wisata alam dan wisata sejarah yang menarik untuk dikulik-kulik. Sayangnya, jaman gue kecil dulu, teknologi belum sepraktis dan secanggih sekarang. Jadi kalau ditanya mana bukti foto liburannya? Gue cuma bisa bilang, tersimpan rapi dalam memori gue!

Credit to: http://goo.gl/ZiSJ0k
The Center of Bukittinggi. Credit to: http://goo.gl/ZiSJ0k

Selain Bukittingi, Papa juga paling suka ngajakin kita main di pantai. Gue inget banget jaman dulu, waktu kita belum punya mobil, Papa bela-belain ngajakin naik mobil travel, supaya kita bisa stay di kawasan Pantai Caroline, Teluk Bayur, Padang. Kita berangkat dari Pekanbaru jam 7 malam dan baru sampai di penginapan sekitar jam 4 pagi.

Pantai Caroline waktu itu masih bersih dan asri banget. Walaupun kita cuma bisa main di tepi pantai, tapi momen liburan di Caroline jadi salah satu cikal bakal kecintaan gue pada lautan. Gimana enggak jatuh cinta? Bangun tidur yang dipandang pantai, mau tidur dibuai sama semilir angin laut. Belum lagi suasana kampung nelayan yang ada di sekitar pantai, hmmmm walaupun gue masih terhitung bocah tapi melihat langsung aktifitas nelayan di sana begitu menyenangkan buat gue. Ditambah lagi cottage yang disewa Papa tempatnya enak banget.

Credit to: https://goo.gl/3eOzfP
Belum kesampaian untuk main kesini!!! Credit to: https://goo.gl/3eOzfP

selain itu dulu kita sempat pengen main ke kawasan Jembatan Akar. IYA!!! Ini jembatan memang terbuat dari akar pohon yang gedeee banget!!! Kata orang sih jembatan ini udah ada dari jaman dulu dan semakin kokoh dari tahun ke tahun. Lokasinya ada di wilayah pesisir Sumatera Barat. Papa tahu-nya sih objek wisata ini ada di sekitar Painan.

Waktu itu Papa kekeuh banget pengen ngajakin kita kesana, tapi beliau gak tahu tepatnya lokasi Jembatan Akar ini ada di mana. Berkali-kali kita nanya warga setempat, tapi gak ada yang benar-benar tahu lokasi jembatan ini. Stereotip yang bilang kalau warga lokal justru gak pernah main ke lokasi objek wisata yang dikenal turis sepertinya benar adanya dalam kasus gue dulu.

Hampir 2 jam kita jalan, tapi dengan arah yang gak pasti. Papa akhirnya nyerah, milih untuk banting stir ke arah Pantai Carocok. Ombak Pantai Carocok waktu itu terbilang cukup besar, tapi dari tepi dermaga yang menjorok ke arah laut, gue bisa lihat kerumunan ikan yang lalu lalang. Gue inget banget waktu itu gue rewel pengen nyebur ke laut, tapi Papa melototin gue dan ngomel panjang kali lebar, bilang gak amanlah, gue gak bisa berenang lah dan masih banyak lagi alasannya.

Credit to: http://goo.gl/uMznFo
15 tahun lalu, di tepi dermaga itu gue jatuh cinta pada lautan. Credit to: http://goo.gl/uMznFo

Akhirnya gue dan adik-adik harus puas untuk menikmati Pantai Carocok dari tepi dermaga. Menatap iri ke remaja-remaja tanggung yang bahagia sumringah nyebur ke lautan. Ahhhhh, gue masih inget banget gimana irinya gue sama mereka waktu itu!!!!

Kalau lagi inget-inget masa lalu begini rasanya gue pengen balik ke Pekanbaru. Pengen ngumpul sama Papa, Mama dan adik-adik gue. Walaupun mungkin gak bakal sama lagi, karena Mama udah pergi ngedahului kita semua. Tapi gue pengen banget ngulang semua waktu-waktu menyenangkan ini, karena perjalanan bersama Papa adalah momen yang paling menyenangkan di masa kecil gue dulu.

 

 

 

Note: Saya ijin menggunakan gambar-gambar yang ada di internet, sumber-nya tetap saya cantumkan kok. Keep Traveling!!!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s