101 Alasan Mencintai Indonesia (part 1)

This country, The Republic of Indonesia does not belong to any group, nor to any religion, nor to any ethnic group, nor to any group with costoms and traditions, but the property of all of us from SABANG to MERAUKE – SOEKARNO.

Tulisan gue kali ini terinspirasi dari majalah NatGeo Traveler yang mengulas 101 alasan untuk berpergian. Bedanya gue merujuk berbagai alasan untuk mencintai dan menjelajahi bagian terindah, terunik dan yang paling menarik dari Indonesia. Semoga bisa menginspirasi banyak orang untuk menjelajahi Indonesia dan mencintai bagian dunia yang gue sebut, HEAVEN ON EARTH!

  1. Banyak Pulau, Ragam Kebiasaan

Indonesia memiliki lebih dari 17 ribu pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Sekitar 9 ribu diantara pulau-pulau ini belum memiliki nama resmi, bahkan masih banyak banget pulau yang belum berpenghuni.

CURVYTRAVELER_KEBIASAAN_MISSMOTAHARI
Picture Belongs to: http://goo.gl/MhVnry

Lain tanah, lain budaya, lain juga kebiasaannya! Walaupun hanya berjarak beberapa jam dari Jakarta menuju Jawa Barat , tapi kebiasaan masing-masing penduduk sudah jelas berbeda. Coba juga bergeser ke wilayah Sumatera, ketika mendengar kebiasaan masyarakat Medan yang cenderung berbicara dengan nada yang keras, padahal lagi gak marah-marah, jelas berbeda dengan kebiasaan masyarakat di Jawa yang biasanya lebih kalem.

 

2. Bahasa Pemersatu Bangsa

~~ Kami putera dan puteri Indonesia menjunjung Bahasa persatuan, Bahasa Indonesia~~~

CURVYTRAVELER_BAHASA_MISSMOTAHARI
Picture Belongs to: http://goo.gl/MhVnry

Bagian akhir dari Sumpah Pemuda ini mendarah daging di bumi Indonesia. Coba bayangkan, Indonesia memiliki ribuan pulau yang terhampar luas dengan beragam budaya yang berbeda antar satu daerah dengan daerah lainnya. Mungkin tanpa adanya bahasa persatuan, yaitu Bahasa Indonesia, kita gak mungkin bisa saling berkomunikasi satu dengan lainnya.

 

3. Perbedaan Agama yang Menyatukan Bangsa

CURVYTRAVELER_AGAMA_MISSMOTAHARI
Picture Belongs to: http://goo.gl/lpve3v

Setiap masyarakat diberi kebebasan untuk memeluk agama yang diyakini. Negara pun secara resmi mengakui 6 kepercayaan, yaitu Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Budha dan Khonghucu. Ragam agama ini menghadirkan berbagai tradisi yang begitu menarik. Misalnya saja tradisi menghiasi jalan atau mesjid dengan pelita menjelang malam Nuzul Quran atau ritual bakar tongkang yang dilakukan setiap tahunnya oleh masyarakat Tionghoa di Bagan Siapi-api yang begitu legendaris. Belum lagi upacara Ogoh-ogoh yang termasyur di Bali menjelang hari raya Nyepi. Ragam agama menelurkan harmonisasi budaya yang menyatu begitu indah. Tentu saja akan sangat menarik jika kita sesekali menjadi bagian dari perayaan ini 😉

4. Beraneka Ragam Suku Budaya

CURVYTRAVELE_SUKU BANGSA_MISSMOTAHARI
Picture Belongs to: http://goo.gl/MhVnry

Ada suku Jawa, Sunda, Melayu, Madura, Batak, Minangkabau, Betawi, Bugis, Banten, Banjar, Bali, Sasak, Makassar, Cirebon, Tionghoa-Indonesia dan Arab-Indonesia. Ini baru garis besarnya saja lho.. Kalau dirunut lagi, kemungkinan akan ada puluhan bahkan ratusan suku bangsa yang mendiami Indonesia.

Suku Jawa yang ada di Jawa Tengah belum tentu sama dengan yang ada di Jawa Timur. Pasti masing-masing memiliki ke-khas-an yang membuatnya berbeda. Keanekaragaman suku bangsa ini tentu saja akan sangat menarik untuk ditemui.

Masih gak mau jalan-jalan di Indonesia?

5. Masyarakat yang Ramah

Dunia mengenal Indonesia dengan kearifan lokalnya. Masyarakat Indonesia dikenal paling murah senyum, jika dibandingkan dengan masyarakat dunia lainnya. Jangan sungkan untuk bertanya arah ke masyarakat setempat ketika kamu nyasar, karena masyarakat Indonesia akan dengan senang hati menunjukkan arah yang tepat. Bertukar cerita dengan masyarakat lokal yang kebetulan lagi ngopi di warung yang sama dengan kamu, pastinya bisa menjadi momen menyenangkan tersendiri yang bisa didapatkan di Indonesia.

Tapi tetap harus hati-hati ya, waspada itu hukumnya WAJIB dalam setiap perjalanan!

6. Sejarah Kerajaan

CURVYTRAVELER_KERAJAAN_MISSMOTAHARI
Picture Belongs to: http://goo.gl/qJiWxj

Zaman kerajaan Hindu-Budha pernah mendominasi seluruh negeri selama beraba-abad. Perkembangan zaman juga mengantarkan peradaban agama Islam ke Indonesia. Antar kerajaan saling menaklukan atau justru saling berafiliasi antara satu dengan yang lainnya. Namun hal ini justru menciptakan harmonisasi di Indonesia.

Setiap berpindah pulau pasti ada saja unsur sejarah kerajaan yang bisa kita temui. Sambil pelesiran kita tentunya bisa memperkaya ilmu mengenai berbagai sejarah kerajaan negeri. Pssstt.. Cuma di Indonesia yang sejarah kerajaannya begitu komplit! Kalau gak percaya, baca deh buku sejarah SD!!!

7. Sejarah Penjajahan

jepang di indonesia
Picture Belongs to: http://goo.gl/MhVnry

Kalau berbicara soal sejarah kerajaan, gak afdol rasanya jika tidak mengulas sejarah penjajahan. Masuknya bangsa Portugis dan Spanyol ke Indonesia menjadi pemicu masuknya bangsa Eropa lainnya ke negeri kaya rempah ini. Walaupun tidak banyak meninggalkan ilmu kepada masyarakat (buktinya bahasa Spanyol, Portugis dan Belanda gak nempel sama bangsa kita), namun kehadiran bangsa Eropa ini banyak meninggalkan arsitektur ciamik.

Gak pengen apa mengunjungi Gua Jepang yang ada di Bukittinggi? Atau berkunjung ke Benteng Marlborough, Bengkulu untuk menikmati bagian dari masa kelam bangsa Indonesia?

8. Bertandang ke Museum

Kalau misalnya lo gak punya waktu untuk menjelajahi sisi lain Indonesia, paling gak lo bisa mengintip melalui sisa peninggalan bersejarah lewat museum! Semua daerah di Indonesia pasti punya museum peninggalan benda-benda bersejarah. Jadi gak ada alasan kan untuk gak jalan-jalan!!!

9. Bukan Alat Musik Biasa!

CURVYTRAVELER_ALATMUSIK_MISSMOTAHARI
Picture Belongs to: https://goo.gl/yXqxgP

Selain kaya akan sejarah, Indonesia juga kaya akan seni! Ada puluhan alat musik yang unik dan hanya ada di Indonesia!!! Gak pengen dengar merdunya suara Saluang? Main ke Sumatera Barat dong!!! Apa? Kamu pengen nyoba mainin Sampek? Coba mainin langsung di daerahnya, di Kalimantan Timur!

10. Rumah Adat

CURVYTRAVELER_RUMAHADAT_MISSMOTAHARI
Picture Belongs to: http://goo.gl/MhVnry

Lain daerah, lain adat istiadatnya, lain juga bentuk rumahnya. Setiap daerah punya arsitektur rumah adat yang unik dan memiliki arti yang dalam. Bisa aja sih kamu mengabadikan diri sedang berpose di jejeran rumah adat yang ada di Taman Mini Indonesia Indah, tapi tentunya gak akan sama dengan yang ditawarkan langsung dari daerahnya masing-masing!!!

 

11. Best Fabric In Town!!!

CURVYTRAVELER_KAIN_MISSMOTAHARI
Picture Belongs to: http://goo.gl/lJIz82

Duh, please deh! Batik memang cantik dan elegan, tapi Indonesia punya banyak jenis kain lainnya yang gak kalah keren!!! Indonesia itu punya banyak banget kain khas yang cantik dan jadi incaran wisatawan dunia. Coba lirik ulos dari Sumatera Utara atau songket Lombok yang atraktif. Indonesia itu fashionable banget! Tinggal lo aja yang harus rajin-rajin eksplore!!! Main yukk!!!

12. Kerajinan Tradisional Daerah

CURVYTRAVELER_WAYANG_MISSMOTAHARI
Picture Belongs to: http://goo.gl/MhVnry

Masyarakat Indonesia itu kreatif banget! Dari ujung timur sampai barat punya banyak banget hasil kerajinan tangan yang diakui oleh dunia. Misalnya saja hasil kerajinan wayang kulit yang diakui UNESCO sebagai bagian dari budaya Indonesia. Belum lagi hasil kerajinan anyaman atau manik-manik dengan warna yang ciamik! How to find ’em? Bisa aja sih order via online shop, tapi bukannya lebih menarik beli langsung dari yang membuat?

 

13. Cullinary Festive

Indonesia itu surganya makanan enak! Mulai dari rendang, opor ayam, pindang ikan patin, nasi jinggo, sate lilit, lawar, gulai belacan, empek-empek, ayam taliwang, juhu, coto makassar sampai bagea semuanya enak untuk disantap. Para penikmat bumbu rempah pasti dibuat tergila-gila sama makanan khas Indonesia! Udah banyak sih restoran yang menyajikan makanan khas daerah tertentu, tapi rasanya belum tentu original kan..

14. Tebaran Jajanan Pasar

Pasar di Indonesia itu bukan hanya soal becek, bau dan ramai! Pemerintah mulai berbenah, lucky us jajanan pasar masih akan selalu tersedia. Beda pasar, beda jajanan lho.. Kalau di Jakarta mungkin sedang demam akut kue cubit, tapi kalau bergeser ke Solo siap-siap untuk menyantap kue serabinya! Kalau main ke Semarang jangan lupa cicipi lumpia goreng.

15. Surga Penikmat Tempe dan Tahu

Tempe dan tahu mungkin sudah jadi santapan harian hampir seluruh masyarakat Indonesia. Bahkan di beberapa daerah banyak yang mengemas tempe menjadi keripik sebagai oleh-oleh khas daerah. Di Semarang tahu isi daging-nya endeuusss bambang!!! Air ampas tahu juga enak parah!

16. Culinary Creativity

Balik lagi ke fakta bahwa masyarakat Indonesia itu kreatif! Banyak banget kreatifitas anak muda di bidang kuliner yang patut diacungi jempol! Misalnya saja beras yang bisa disulap menjadi cemilan gurih seperti rengginang. Jangan lupa juga, Indonesia punya yoghurt tradisional yang enak dan gak kalah sama yoghurt pabrikan, cobain Dadih deh ketika bertandang ke negeri Minangkabau, dijamin ketagihan!

17. Fashion Alert!

Siapa bilang Indonesia gak bisa menandingi Paris dalam hal mode? Indonesia punya potensi yang besar banget untuk membangun kerajaan mode di dalam negeri. Selain punya sumber daya manusia yang melimpah, Indonesia juga punya potensi sumber daya alam yang bisa diolah. Hanya saja uluran tangan dari pemerintah saja yang dirasa masih belum cukup. Duhhhh…. Tapi gue tetep cinta Indonesia!!!

18. Rumahnya Industri Kulit

Main ke Garut belum lengkap rasanya kalau tidak membawa pulang jaket kulit asli Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, kamu juga bisa ikut mendukung pengrajin industri garmen dalam negeri!

19. Home Decor

CURVYTRAVELER_ROTAN_MISSMOTAHARI
Picture Belongs to: http://goo.gl/GZahmo

Yang masih IKEA minded, gue gak bermaksud untuk nyinyir, tapi sudah pernah mengintip koleksi furniture asli Indonesia belum? Bangku rotan asal Cirebon itu kokoh dan artistik tauuuuk!!! Sah-sah saja jika menyukai produk keluaran luar negeri, tapi menyelipkan satu atau dua koleksi dalam negeri sepertinya bukan dosa, deh!

20. Home of Famous Painter

Mungkin Indonesia tidak memiliki Van Gogh atau Kandinsky beserta dengan karya besar mereka. Memang Leonardo Da Vinci melukis wajah Monalisa bukannya Zulaikha. Tapi Indonesia memiliki Raden Saleh, Affandi dan Popo Iskandar! Meski mereka telah tiada, tapi semangat yang tertoreh dalam kanvas mereka mengalir di darah para seniman muda Indonesia.

CURVYTRAVELER_LUKISAN_MISSMOTAHARI
Picture Belongs to: http://goo.gl/zaYR8G

Masih jauh dari angka 101, masih ada banyak alasan untuk mencintai dan menjelajahi tanah surga ini. Be right back!!!

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “101 Alasan Mencintai Indonesia (part 1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s