101 Alasan Mencintai Indonesia (Part 2)

Hanya ada satu negara yang pantas menjadi negaraku. Ia tumbuh dari perbuatan dan perbuatan itu adalah perbuatanku – Mohammad Hatta.

Halloooo, semoga masih semangat menambah daftar berbagai alasan yang kamu miliki untuk mencintai dan menjelajahi Indonesia. Untuk yang belum sempat membaca tulisan saya yang pertama bisa dicek di 101 Alasan Mencintai Indonesia (part 1) 😉

Let’s start counting!!!

21. Gemulai Tarian Daerah

curvytraveler_tari daerah_missmotahari
Picture Belongs to: http://goo.gl/Fi6x7m

Bukan hanya penari balet yang bisa meliuk-liuk indah! Para penari Tari Serampang Dua Belas juga bisa menampilkan langkah gemulai dan jari-jari yang lentik. Banyak wisatawan asing yang rela membayar mahal untuk bisa melihat tari kecak dan tari pendet ketika mereka berkunjung ke Bali. Bahkan tari saman dari Aceh sudah terkenal namanya di seluruh dunia!!! Kamu masih gak mau mencintai Indonesia yang seindah ini?

22. Cokelat Berkualitas

curvytraveler_cokelat_missmotahari
Picture Belongs to: http://goo.gl/Fi6x7m

Memang Swiss dikenal sebagai negara dengan produk cokelatnya yang terkenal. Tapi jangan salah, Indonesia juga mampu menghasilkan cokelat berkualitas. Hampir 90 persen daratan di  Indonesia ditanami tanaman cokelat. Masyarakat Indonesia pun sudah mampu untuk memproduksi olahan cokelat yang lezat dan berkualitas!!!

23. Air Terjun Cantik

curvytraveler_air terjun_missmotahari
Picture Belongs to: http://goo.gl/7AUqBY

Main di Indonesia jelas tidak hanya sekedar tentang makanan. Indonesia punya ratusan air terjun yang cantik dan cocok untuk melepas lelah dari berbagai macam rutinitas. Coba sempatkan waktu untuk berkunjung ke Air Terjun Dua Warna, Sibolangit, Sumatera Utara. Warna airnya yang hijau kebiruan dijamin membuat semua lelah kamu lepas! Kalau main ke Lombok, jangan lupa untuk main ke Air Terjun Benang Kelambu! CANTIK!!!

24. Bekantan Si Hidung Besar

Monyet Bekantan atau istilah bulenya Nasalis larvatus adalah hewan yang dilindungi oleh negara kita. Sebagai hewan endemik yang wajib untuk dilestarikan, kamu bisa menemukan Bekantan di habitat aslinya, yaitu di Kalimantan Selatan.

curvytraveler_bekantan_missmotahari
Picture Belongs to: http://goo.gl/OvH0N7

25. Buah Tropis Segar

Tanah Indonesia itu subur banget. Hampir semua jenis tanaman bisa tumbuh di sini. Buah tropis seperti manggis, kedondong dan belimbing merupakan buah asli dari Indonesia. Psssttt… harganya lebih murah kalau kamu beli langsung dari petaninya lho.. Makanya jangan dirumah aja!!!

26. Ikan Segar Dimana-mana

Sebagai sebuah negara kepulauan, sudah jelas kalau Indonesia sangat kaya akan hasil perikanan. Nelayan di Indonesia bisa menangkan ikan segar hampir setiap hari. Selain enak, ikan yang kaya protein juga bagus untuk otak dan pertumbuhan. jadi rajin-rajin makan ikan ya!!

27. Lumbung Padi

curvytraveler_sawah_missmotahari
Picture Belongs to: http://goo.gl/Fi6x7m

Memang sih belakangan ini Indonesia sering banget impor beras dari negara tetangga, padahal Indonesia adalah negara agraris, yang petani-nya banyak banget menanam padi di sawah. Beras yang dihasilkan pun menjadi makanan pokok masyarakat. Tapi bukan hanya itu, hamparan sawah yang terbentang bisa sangat menarik untuk dieksplorasi lhoo. Kamu mungkin sering mendengar keindahan sawah di Ubud. Tapi tidak hanya Bali yang punya areal persawahan yang fotogenic. Yukkk, main ke sawah!

28. Peninggalan Zaman Dinosaurus

curvytraveler_ujung kulon_missmotahari
Picture Belongs to: http://goo.gl/Fi6x7m

Gak mungkinlah dinosaurus masih ada di zaman modern sekarang ini! Weiittzz, tunggu dulu! Itu artinya kamu belum sempat bertandang ke Taman Nasional Ujung Kulon. Memang sih Badak Bercula Satu bukan keturunan langsung dari era Jurassic World, tapi badak dipercaya sudah hidup sejak 65 juta tahun yang lalu. Keberadaan badak pun sudah semakin memprihatinkan karena populasinya terus berkurang dari tahun ke tahun.

 

29. Hiu Paus Si Ramah dan Baik Hati

Hiuuuuuu???? Iiiiihhh, sereeemmm!!!
Siapa bilang?!?!?!?!

Hiu paus adalah ikan terbesar di dunia, karena mampu tumbuh hingga sepanjang 20meter dengan bobot bisa melebihi 20 ton. Walaupun hiu paus bertubuh bongsor, namun sangat ramah terhadap manusia, karena mangsa utama hiu paus adalah plankton dan ikan-ikan kecil. Tapi tetap saja sebaiknya tidak melakukan kontak lansung ya dengan si abu-abu bertotol lucu ini, karena kita ga pernah tahu kan virus seperti apa yang bisa ditularkan manusia kepada hewan yang dilindungi ini.

curvytraveler_hiu paus_missmotahari
Picture Belongs to: https://goo.gl/Ze71gf

Ingin bertemu dengan hiu paus? Yukk main ke Teluk Cendrawasih di Irian Jaya. Terlalu jauh? Kalau gitu kamu bisa berkunjung ke Berau, Sabang, Alor, Flores, Kalimantan Barat atau Bali. Masih kejauhan? Udah tidur aja sana!

30. Hamparan Terumbu Karang

Ini kesukaan gue!!! Terumbu karag di Indonesia itu gak akan habis untuk dibahas! Terlalu cantik, terlalu indah, terlalu berharga, terlaluuuuuuuu banyak deh!!!

curvytraveler_terumbu karang_missmotahari
Picture Belongs to: http://goo.gl/9JVCuf

Terumbu karang berperan besar untuk menjaga ekosistem di lauta dan indonesia memiliki hamparan terumbu karang yang harus dilindungi. Coba bertandang ke Takabonerate untuk menikmati atol terumbu karang terbesar nomor tiga di dunia!!! Jangan tanya keindahan terumbu karang di Wakatobi atau Raja Ampat, terlalu indah!!!

31. Kuliner Ekstrim

Balik lagi soal kuliner, Indonesia memang punya banyak banget ragam makanan yang bisa dicicipi. Kalau kamu punya keberanian, mungkin bisa mencoba ulat sagu khas Papua atau Paniki alias kelelawar khas Manado. Kurang ekstrim? Coba makan tikus panggang khas Minahasa deh. Tapi inget yaaaa anjing dan hiu (apalagi paus dan lumba-lumba), BUKAN MAKANAN, JADI JANGAN DIMAKAN YAAAA…

32. Hutan Mangrove

Karena Indonesia punya banyak lautan, secara otomatis ada banyak banget hutan mangrove yang bisa dijadikan background foto liburan kamu. Misalnya saja hutan mangrove yang ada di kawasan Pantai Indah Kapuk Jakarta. Kurang menarik? Hutan Mangrove yang ada di Bali sering dijadikan tempat foto pre-wedding calon pengantin lho.. Mau sambil kenalan dengan bekantan? Bisa ke Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan yang ada di Tarakan.

33. Pusat Sejarah Islam

Mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam. Jadi tidak mengherankan ada banyak banget sisa sejarah Kerajaan Islam yang ada di Indonesia. Ini bisa dilihat lewat mesjid-mesjid tua yang bersejarah. Misalnya saja Mesjid Raya Ganting, Padang, Mesjid Menara Kudus, atau Mesjid Agung Demak.

34. Kasuari Si Burung Surgawi

Kasuari merupakan burung endemik asal Irian Jaya. Warnanya yang begitu mencolok, membuatnya dijuluki burung surgawi. Melihat langsung kehidupannya pasti memiliki sensasi tersendiri. Tiket Pesawat mahal? Nabung dong!!!

35. Penari Laut Biru

Hal lainnya yang mengagumkan dari Indonesia adalah ekosistem lautannya yang begitu kaya. Pari Manta merupakan satu dari banyak hewan lainnya yang mendiami perairan Indonesia. Kamu tertarik untuk snorkeling sambil ditemani tarian khas elang samudera ini? Kamu bisa menjelajahi perairan Pulau Komodo atau mengunjungi Derawan yang eksotis.

curvytraveler_pari manta_missmotahari
Picture Belongs to: http://goo.gl/LXLYvI

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s